SETAHU saya, semoga tidak salah, istilah “Berkah Dalem” dipopulerkan oleh Romo G. Utomo Pr dari Ganjuran. Beliau waktu menjadi Ketua Komisi PSE KAS getol sekali menyebarkan gerakan Hari Pangan Sedunia.

HPS sangat berhubungan dengan lingkungan hidup. Menjaga ketahanan pangan, ketahanan air, ketahanan lingkungan alam semesta. Alam ini adalah berkah/anugerah Tuhan yang harus dijaga dan dilestarikan keutuhan dan kelangsungannya.

Dengan menjaga alam sebagai berkah berarti kita juga memuliakan Sang Pemberi Berkah yakni Tuhan sendiri. Berkah Dalem berarti berkat/anugerah dari Tuhan.

Berkah dari Tuhan itu bukan milik kita sendiri. Maka kita harus menyalurkan Berkah Dalem itu kepada semua orang. Oleh karenanya, semua orang katolik wajib menjadi saluran berkah Tuhan.

Berkah Dalem menjadi sapaan salam khas katolik. Ketika kita bersalaman dan mengucapkan Berkah Dalem, kita mensyukuri anugerah Tuhan yang dilimpahkan kepada kita dan menyalurkan Berkah Tuhan juga kepada sesama yang lain.

Ketika kita bersalaman dan mengucapkan Berkah Dalem, kita berdoa agar berkatNya diberikan juga kepada saudara kita itu.

Dalam bacaan Injil hari ini, Yesus yang bangkit menjumpai para perempuan dengan berkata, “Salam bagimu”. Mereka mendekatiNya, memeluk kakiNya dan menyembahNya. Salam dari Yesus yang penuh berkah itu membuat perempuan-perempuan mendekatiNya.

Salam itu membuat mereka menjadi dekat, akrab, mesra. Mereka memeluk kakiNya. Sikap takzim penuh hormat lahir dari salam yang menyejukkan.

Salam Berkah Dalem yang menyejukkan itu dirusak oleh ujaran berita bohong. Imam-imam kepala menyuap para penjaga untuk menyebarkan hoax, berita bohong, “Kamu harus mengatakan bahwa murid-murid Yesus datang malam-malam dan mencuri jenasahNya ketika kamu sedang tidur”.

Ini adalah hoax yang diciptakan oleh para imam kepala.

Jaman sekarang banyak sekali berita bohong/hoax bertebaran dimana-mana. Kita harus menangkisnya dengan salam BERKAH DALEM. Berkah Dalem itu bukan berita bohong karena kita telah mengalami dicintai Tuhan sedemikian rupa sampai wafat di salib.

Pengalaman dikasihi itulah yang kita sebarkan kepada sesama kita. Maka setiap kita berjumpa dengan sesama kita mengucapkan salam BERKAH DALEM.

Minggu palem cuacanya terik
Berkah Dalem bagi mereka yang berhati baik

Berkah Dalem,
Rm. A. Joko Purwanto Pr